Ulasan 2 - Week 08

Ulasan 2 - Week 08


    Pada ulasan yang kedua ini, saya akan mengulas video yang berjudul "What is a Web Socket". Video tersebut bisa kalian saksikan di https://youtu.be/Y0g3M4VG6Ns dan durasi dari video ini ialah 8 menit 36 detik. Pemilik video tersebut ialah akun dengan nama Dave Xiang dan mempunyai 25 ribu subscribers.

    Pada koneksi terdapat client dan server. Client dan server dapat berkomunikasi dengan menggunakan jaringan. Koneksi tersebut mempunyai sifat one to one dimana hanya ada 1 client dan 1 server pada setiap koneksi, sifat full duplex dimana client dan server bisa bertukar data secara bolak-balik, sifat reliable dimana transfer data akan terus berlangsung selama jaringan atau koneksi tidak terputus.

    Socket adalah sebuah titik akhir dari sebuah koneksi. Terdapat 2 socket, yakni client socket dan server socket. Socket mempunyai 2 variable yakni alamat IP dan nomor port. Setiap client request akan mendapatkan port acak yang khusus yang dinamakan ephemeral port untuk setiap web server yang dituju.

   Menurut saya, pembuat video tersebut menjelaskan materi yang dibawakan dengan professional dan memberikan penjelasan yang cukup simple dan background music yang cocok membantu penonton untuk nyaman menonton video tersebut dan mudah untuk memahami materi yang diberikan. Orang awam ketika menonton video tersebut akan langsung memahami apa itu web socket. Sangat dianjurkan bagi orang awam yang ingin mengetahui teknologi untuk menonton video dari Dave Xiang.

Github Account : faizaladhitama
URL Video : https://youtu.be/Y0g3M4VG6Ns (8 menit 36 detik)
Video Author : Dave Xiang
Pemetaan : week08
Revisi pertama : 09 Mei 2017
Revisi terakhir : 09 Mei 2017

Komentar